Dompet Canggih Sakuku

Bila berselancar ke dunia maya, saya suka iseng membuka website-website teknologi. Ya sekadar iseng. Hanya ingin tahu update perkembangan teknologi.

Terakhir setelah berselancar pekan lalu, saya tahu bahwa saat ini Institut Teknologi Massachusetts sedang mengembangkan sebuah kamera pembaca buku. Kamera ini memungkinkan kita membaca buku yang tertutup tanpa membuka halaman demi halaman. Kamera ini kabarnya dikhususkan untuk peneliti dalam membaca buku teks dan perkamen-perkamen kuno yang sangat rentan bila disentuh.

Saya sungguh takjub, betapa teknologi saat ini telah berkembang jauh sangat pesat. Berlari kencang.

Ya, teknologi memang semakin canggih, tidak hanya dikhususkan untuk para peneliti tapi juga untuk penggunaan sehari-hari.

Seperti itulah mestinya teknologi hadir, semakin memudahkan hidup manusia. Bukan malah merusak.

Satu yang saya suka, teknologi telah membantu hidup kita. Selalu saja ada kejutan-kejutan dari perkembangan teknologi. Salah satu contohnya, dulu setiap ingin keluar misalnya hangout bersama teman-teman, maka barang wajib yang harus kita bawa adalah beberapa lembar uang, atau paling tidak kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang telah berisi saldo, atau paling tidak lagi selembar kartu kredit.

Tapi sekarang jaman telah berganti. Sekarang cukup dengan handphone di tangan, kita bisa membeli apa saja, jajan dan nongkrong di mana saja, tanpa perlu ribet lagi. Seperti sebuah dompet yang dibenamkan ke dalam handphone. Seperti itulah cara kerja sebuah aplikasi Sakuku. Dompet elektronik yang siap menemani kita ke manapun.

Informasi tentang Sakuku ini saya dapatkan saat mengikuti acara blogger gathering beberapa waktu lalu. Bertempat di Bistropolis gathering yang juga mempertemukan para blogger dari kota Makassar ini, memperkenalkan produk dari bank Bank Central Asia (BCA) bernama Sakuku.

Nah, Sakuku yang merupakan dompet elektronik dari BCA ini bisa digunakan untuk membayar apapun transaksi kita melalui aplikasi smartpohone.  Mulai dari bayar belanjaan di berbagai merchant, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya.

Malam itu, Dyandra yang merupakan perwakilan dari BCA berbagi tentang aplikasi Sakuku. Mengapa kita harus menggunakan Sakuku? Apa saja yang bisa dilakukan Sakuku agar membuat hangout kita menjadi makin all out? Dan kepraktisan apa saja yang ditawarkan dari Sakuku?

img_20160809_213413

 

Praktis dan Aman

Untuk memanfaatkan produk Sakuku, kita cukup mendownload langsung Sakuku di Google Play Store untuk android dan app store untuk IPhone. Setelah registrasi dan isi data, Sakuku bisa langsung digunakan dengan top up / cash saldo Sakuku melalui ATM BCA, KlikBCA, m-BCA pada BCA mobile.

Selain itu, fitur Sakuku cukup simple, tampilan dan prosedur registrasinya yang mudah sehingga memungkinkan para pengguna yang telah berumur bisa enjoy menggunakan aplikasi ini. Jadi, bukan hanya untuk yang muda-muda seperti kita.

Kerennya Sakuku, nomor pengenal Sakuku kita otomatis diambil dari nomor handphone. Yang perlu kita jaga kerahasiannya cuma enam digit PIN yang juga menjadi fitur pengaman Sakuku. Jangan dibagi ke mana-mana ya passwordnya. Tapi kalau misalnya ada masalah dengan handphone, atau handphonenya hilang atau dicuri bisa langsung menghubungi call centre Halo BCA untuk permintaan blokir. Dengan registrasi ulang menggunakan data yang sama dengan sebelumnya, maka saldo Sakuku terakhir kita akan kembali utuh.

blog-bca-5

 

Gratis

Ini nih satu yang paling penting. Menggunakan Sakuku ini benar-benar gratis. Bukan hanya gratis diunduh di playstore tapi, menggunakan Sakuku tidak perlu dibikin ribet dengan biaya admin bulananan. Jadi  tanpa potongan alias benar-benar gratis. Namanya juga anak muda, pasti suka dengan segala gratisan. Hehe

 

Bikin hang out makin all out

Dengan Sakuku tidak perlu lagi bawa cash saat hangout bersama teman-teman, cukup bawa handphone saja. Setelah topup saldo, belanja ini itu di berbagai merchant bisa langsung dengan sakuku.

Kebayang besok-besok, pergi ke mana-mana, saya tidak perlu bawa tas lagi dan pretelan dompet dengan isi-isiannya. Hanya membawa satu barang di tangan, handphone. Ahhh saya sudah bersiap untuk semakin all out saat hangout.

 

Sakuku Plus

Menggunakan Sakuku ini sudah sangat keren keren minta ampun. Tapi buat makin kece lagi, kita bisa mengupgrade Saku ke Sakuku Plus. Bedanya apa dengan Sakuku biasa?

Nah dengan Sakuku, batas topup dananya adalah sebesar Satu Juta Rupiah, tapi kalau ingin menambah jumlah limit topup, kita harus mengaktivasi Sakuku Plus. Dengan Sakuku Plus, batas limit pengisian saldo sampai Lima Juta Rupiah. Jadi, menabung dana di dompet elektroniknya semakin besar.

Kelebihan dari Sakuku Plus ini, kita bisa transfer uang ke sesama Pengguna Sakuku. Menggunakan Sakuku Plus, kita tidak perlu lagi kartu ATM atau nomor rekening untuk transfer uang, karena sesama pengguna layanan Sakuku bisa saling transfer uang atau minta juga transferan uang. Minimal transfernya mulai dari angka Rp. 5000,- loh.

Selain itu, bersama teman-teman kita bisa Berbagi Tagihan / Split Bill. Sering kan kejadian, pas hang out rame-rame, makan sepuasnya pesan ini itu, tapi pas giliran bayar, ada teman yang kabur atau pura-pura lupa bayar? Sekarang dengan Sakuku Plus, lebih mudah untuk patungan bayar tagihan. Pokoknya bayar apa saja mulai dari bayar makan-makan, nonton, nongkrong dan belanja apapun bisa dibagi rata. Fitur ini berbagi tagihan ke maksimal sembilan orang yang juga sudah mengaktifkan Sakuku Plus. Jadi, ya tunggu apalagi? Teman-teman sepertinya harus diajak menggunakan Sakuku Plus juga.

Paling kerennya lagi, dengan Sakuku kita bisa tarik tunai hanya bermodal handphone. Yaps, dengan membawa handphone yang di dalamnnya sudah dipasang fitur Sakuku Plus, kita bisa tarik tunai di berbagai ATM BCA berlogo Sakuku. Dengan Sakuku Plus, kita bisa tarik tunai kelipatan Rp. 50.000,- atau Rp. 100.000,- dengan maksimal setiap penarikan Rp. 1.250.000,- di ATM berlogo Sakuku.

blog-bca

Saya yang mendapat penjelasan dari BCA rasanya benar-benar takjub. Main ke manapun hanya dengan sebuah handphone tanpa perlu takut kehabisan uang cash saat jajan di mana-mana. Nah, ternyata kalau sebelumnya kita sudah punya kartu ATM BCA, maka akses Sakuku lebih mudah lagi. Kita langsung bisa mengakses menu setting/aktivasi Sakuku dengan memilih menu splitt bill, transfer/tarik tunai pada aplikasi Sakuku. Kemudian akan ditawarkan untuk melakukan aktifvasi menggunakan Sakuku Plus.

Buat yang tidak memiliki kartu ATM BCA, tidak perlu khawatir, kita bisa langsung mendatangi kantor BCA terdekat, cukup dengan membawa kartu identitas diri untuk registrasi Sakuku.

Jadi, sudah siap mencoba dompet  canggih ala Sakuku ini?

BCA

Sakuku

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s